Artikel

Peregangan di Sela-Sela Waktu Kerja

Kebiasaan jarang bergerak tidak hanya merusak fisik tubuh Anda, namun juga akan mempengaruhi mental dan psikologis Anda. Duduk membungkuk dan terus menunduk membuat Anda merasa lemas, sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri, energi, dan mood. Hal ini mengakibatkan tingkat produktivitas kerja menjadi  tidak maksimal.

Peregangan atau stretching di tengah padatnya jam kerja dianggap mampu menjaga fleksibilitas otot. Apalagi kalau pekerjaan menuntut anda untuk duduk di depan komputer selama berjam-jam.

Berikut manfaat dari stretching saat bekerja yang dianggap mampu menyehatkan tubuh para pegawai kantoran?

  • Peregangan yang dilakukan dengan tepat mampu melancarkan aliran darah. Terlalu lama bekerja dalam posisi sama akan membuat sirkulasi darah Anda agak terhambat dan berpotensi memicu tekanan darah tinggi;
  • Keseimbangan dan koordinasi tubuh juga mudah bermasalah kalau Anda jarang menggerakkan tubuh di sela-sela pekerjaan. Jadi, luangkan waktu untuk meregangkan otot tubuh supaya tidak kelelahan atau pegal;
  • Banyaknya tanggung jawab kerja, secara perlahan akan mengurangi performa tubuh Anda kalau tidak diimbangi olahraga. Stretching dianggap membantu menjaga hingga meningkatkan kinerja dan kebugaran tubuh  selama mengerjakan tumpukan tugas;
  • Kekakuan otot di sekitar pinggul dan punggung bagian bawah pastinya akan mengganggu Anda sepanjang beraktivitas. Untuk menurunkan sensasi nyeri tersebut, Anda dapat melakukan latihan fisik ringan seperti peregangan secara teratur;
  • Tekanan kerja yang tinggi tak hanya memberi dampak buruk terhadap fisik, tetapi juga mental seperti stres berkepanjangan. Stretching akan menurunkan gangguan tersebut berkat lancarnya sirkulasi darah yang mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke otak.

Bagaimana cara mempraktikan stretching saat bekerja?

Keterbatasan ruang di kantor kadang dijadikan alasan pegawai kantor yang ingin berolahraga, padahal stretching bisa diterapkan dengan gerakan-gerakan simpel. Supaya kesehatan Anda tidak terganggu, luangkan waktu untuk mempraktekan tips ini di kantor.

 

1. Perbaiki posisi duduk

Posisi duduk sempurna dapat Anda peroleh dengan memposisikan kaki berpijak sejajar. Jika Anda memakai sepatu hak tinggi, lepaskan selama berada duduk di meja agar tumit sejajar di atas lantai dan lutut yang harus lebih rendah dari punggul. Jadikan tulang duduk sebagai tumpuan. Kemudian, dengan mengangkat bokong dengan tangan, akan lebih mudah bagi Anda mendapatkan posisi paling bawah dari tulang panggul.

2. Peregangan/stretching ringan

Jangan jadikan ruangan sempit sebagai halangan untuk meregangkan tubuh. Peregangan dapat di mulai dari leher. Lenturkan leher ke depan-belakang, kanan-kiri, dan menoleh secara perlahan. Lalu, lanjutkan ke bahu dengan cara memutar bahu ke depan dan belakang sepuluh kali. Lantas, untuk pergelangan tangan dan kaki, putar secara bergantian searah dan berlawanan arah jam. Ketiga cara stretching di kantor ini dapat Anda praktikan saat merasa pegal atau butuh penyegaran.

  • Manfaatkan waktu istirahat

Jam makan siang yang terbatas kadang menyulitkan pegawai kantoran untuk melakukan olahraga ringan seperti stretching. Namun, Anda dapat mensiasatinya dengan beberapa hal. Misalnya, alih-alih membeli makan siang di restoran atau kantin, bawa bekal sendiri untuk menghemat waktu. Dengan begitu, Anda akan punya waktu istirahat lebih panjang untuk berolahraga sebelum kembali bekerja tanpa kelelahan atau mengantuk.

  • Aktif sepanjang jam istirahat

Masih punya waktu tersisa setelah makan dan stretching? Bawa tubuh Anda lebih aktif selama istirahat berlangsung. Contohnya dengan naik-turun tangga, atau berkeliling tanpa lift . Namun, kalau cuaca sedang mendung atau hujan, manfaatkan waktu tersebut untuk tidur siang singkat selama 10-15 menit. Tidur siang singkat yang berkualitas akan membuat Anda lebih jernih dalam bekerja dan tak akan mudah mengantuk sampai jam pulang kerja.

      Yuk sohib sehat , Jangan lupa stretching di kantor, ya!!

Penulis: 
Ais Moris, S.Kep (Penyuluh Kesehatan Masyarakat)
Sumber: 
Direktorat Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenkes RI, WHO 202

Artikel

• Direktorat Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenkes RI - https://tirto.id/gldo
Direktorat Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenkes RI, https://www.kompas.com/tren/read/2021
Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun Kementerian Kesehatan RI
Direktorat Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenkes RI, WHO 202
Direktorat Promkes dan PM. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia - https://tirto.id/gjUZ - https://mediaindonesia.com
01/09/2021 | Ais Moris, S.Kep (Penyuluh Kesehatan Masyarakat)
12/07/2021 | Rudi Hidayat, S.Kep (Penyuluh Kesehatan Masyarakat)
03/06/2021 | Rudi Hidayat, S.Kep (Penyuluh Kesehatan Masyarakat)
08/06/2021 | Rudi Hidayat, S. Kep (Penyuluh Kesehatan Masyarakat)
26/07/2021 | Adiba Fajrina (Penyuluh Kesehatan Masyarakat)